Rabu, 01 Desember 2010

Aplikasi yang digunakan dalam SIAK (Sistem Informasi Kependudukan)

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan sebuah sistem informasi yang dibangun untuk mendukung proses administrasi kependudukan . Dengan menggunakan sistem ini maka akan terwujud database kependudukan nasional secara bertahap. rbagi Dalam SIAK itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu SIAK ONLINE dan SIAK OFFLINE. SIAK Online adalah sistem informasi atau aplikasi yang ditujukan untuk menfasilitasi pelayanan bidang administrasi kependudukan. SIAK Online didesain sebagai aplikasi terpusat (centralized application) yang akan diakses dari TPDK (Tempat Perekaman Data Penduduk). Sistem ini berfungsi sebagai perekam dan pencetak data penduduk dan juga berfungsi sebagai buku laporan. SIAK Online dibangun dengan menggunakan tegnologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang mempunyai kemudahan untuk di kembangkan sedangkan Database server yang digunakan adalah Oracle Server 9i ,dan Application server yang digunakan adalah Bea Web Logic Server 8.2. Manfaat dari berbasis Web adalah memiliki requirement yang minimal untuk TPDK agar dapat menggunakan SIAK sebaik mungkin. Infrastruktur SIAK Online dirancang dengan menggunakan VPN dial, yang melakukan proses koneksi secara synchronus dari TPDK ke Pusat (Data center Adminduk) dan sebaliknya. Karena menggunakan koneksi seperti ini biaya operasional menjadi meningkat karena selalu mempertahankan koneksi antara TPDK dan pusat, apalagi dengan ditambah seringnya koneksi yang terputus yang mengakibatkan proses transaksi menjadi terhambat dan apabila koneksi tersebut terputus maka proses harus dimulai dari awal kembali sehingga proses administrasi menjadi tidak efektif. Oleh karena itu Internet explorer sebagai browser tidak memungkinkan sistem operasi lain yang tidak menggunakan Internet explorer bisa menjalankan aplikasi SIAK Online maupun Offline.
•Oracle 9i adalah generasi terbaru baru dari Oracle yang menyediakan produk infrastruktur sederhana e-commerce platform, memungkinkan aplikasi untuk mengakses data dari local dan remote server dan juga menggunakan arsitektur client/server untuk melakukan proses permintaan informasi. Oracle 9i mencakup platform server database, server aplikasi, alur kerja, server, e-mail server, server direktori, portal server, server nirkabel, menyediakan solusi lengkap dan terintegrasi untuk semua jenis aplikasi pengembangan dan penyebaran. Konsep inti dari basis data pada oracle 9i adalah database link yaitu koneksi antara dua server basis data yang mengijinkan client untuk mengakses server-server sebagai suatu kesatuan basis data secara logika
•J2EE
Java 2 Enterprise Edition adalah pengembangan java untuk solusi enterprise, mulai dari aplikasi berbasis web . J2EE berisi paket paket di J2SE ditambah paket paket untuk mendukung pengembangan enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar